Thursday 19 July 2012

Doa untuk Uskup

     Ya Allah, Bapa yang maha pengasih, kami bersyukur kepada-Mu kerena Tuhan Yesus telah membangun Gereja, dan telah memanggil begitu banyak pelayan untuk mengajar, menguduskan, dan menggembalakan umat-Mu.
     Kami bersoa bagi para uskup, khususnya uskup kami .... Sebagai pemimpin umat Allah, semoga mereka mengusahakan hidup yang tak bercela. Semoga mereka selalu bertindak bijaksana, adil, dan saleh. Bantulah meteka untuk selalu tampil sebagai pendamai, dapat menguasai diri, dan berpegang kepata perkataan yang benar, yang sesuai dengan ajaran yang sehat, supaya mereka sanggup menasihati orang berdasarkan ajaran yang benar.
     Bantulah mereka memelihara dan memimpin Gereja dengan baik. Semoga mereka mampu membangun jemaat keuskupan menjadi pengejawantahan Gereja semesta yang esa.
     Semoga mereka penuh cinta dan perihatin kepada para imam, rekan kerja mereka dalam melayani umat-Mu. Bantulah mereka memelihara dan memupuk kekudusan para imam, dan membina hubungan serta kerjasama yang baik dengan mereka.
   Tumbuhkanlah cinta persaudaraan sejati dalam diri mereka terhadap sesama uskup. Doronglah mereka untuk melindungi dan memajukan kesatuan iman. Semoga mereka memiliki perhatian yang nyata terhadap kesejahteraan seluruh Gereja. Bukalah hati mereka bagi semua orang yang berkehendak baik. Buatlah mereka peka terhadap keprihatinan warga masyarakat, terutama yang miskin dan lemah. Jadikanlah mereka teladan serta pendorong umatnya dalam ikutserta menyejahterakan masyarakat.
    Kami berdoa pula bagi para uskup yang mengalami kesulitan dalam melayani keuskupannya. Sudilah Engkau selalu mendampinginya. Limpahilah dia berkat istimewa, agar selalu tabah menghadapi tantangan yang ada.
    Semua ini kami mohon kepada-Mu, Bapa, dengan pengantaraan Yesus Kristus, Imam Agung umat-Mu, kini dan sepanjang masa. (Amin.)


Sumber : Puji Syukur nomer 185

0 comments:

Post a Comment